You are here

Kuba: Kemarin, Hari Ini, dan Besok

[ad_1]

"Es complicado," kata pemandu Kuba kami, Lázaro, sebagai tanggapan atas pertanyaan dari salah satu kelompok kami

Saya berada di sebuah bus di jalan yang sibuk di Havana dengan empat belas teman perjalanan (tiga belas wanita dan dua pria) yang melakukan tur ke Kuba bersama Sisters Across the Straits, sebuah kelompok yang diorganisir dan disponsori oleh cabang negara bagian Liga Wanita Voters di Florida. Tujuan kami bukan hanya mengunjungi pemberhentian turis biasa tetapi menjadi lebih berpengetahuan tentang Kuba, orang-orang Kuba dan sejarah negara.

Selain Lázaro, kami beruntung ditemani oleh penduduk Miami Annie Betancourt, pendiri Sisters Across the Straits, seorang Direktur Dewan Liga dan anggota selama lebih dari tiga dekade. Kami adalah kelompok ke dua puluh enam Annie yang telah dibawa ke Kuba. Dia kemudian menjelaskan bahwa 'rumit' adalah tanggapan standar yang digunakan orang Kuba untuk menggambarkan situasi yang sulit. Ini adalah cara diplomatis untuk mengatakan tidak ada jawaban atas pertanyaan Anda atau mungkin tidak ada solusi. 'Ini rumit' menjadi kata sandi untuk petualangan enam hari kami di Kuba.

Annie lahir di Kuba dan tinggal di sana bersama orang tuanya sampai dia berumur tiga belas tahun. Saat itulah revolusi terjadi dan Fidel Castro berkuasa. Ayahnya, seorang insinyur, memahami perubahan yang akan datang dan, seperti ratusan orang Kuba lainnya, memindahkan keluarganya ke Miami, berharap waktu mereka di kota itu akan singkat. Namun Fidel tetap berkuasa dan keluarga segera menyadari bahwa Miami adalah rumah baru mereka.

Harapan Annie adalah bahwa kunjungan-kunjungan ini akan meningkatkan saling pengertian setelah beberapa dekade isolasi dan ketidakpercayaan antara AS dan Kuba. Rencana perjalanan, seperti yang akan Anda lihat, dirancang untuk memberi anggota Liga peluang untuk belajar tentang sejarah, budaya, dan masyarakat Kuba dan untuk bertemu dengan para ahli akademis dan warga negara Kuba biasa.

Hari 1

Penerbangan kami dari Miami ke Bandara Internasional Jose Marti di Havana hanya 45 menit, sebuah pengingat bahwa Kuba hanya berjarak 90 mil dari Amerika Serikat. Segera setelah kelompok kami melewati bea cukai, kami naik bus dan memulai tur kami dengan tumpangan melalui pusat Havana dan Plaza de la Revolucion. Annie telah memperingatkan kami bahwa kami akan pergi ke negara dunia ketiga tetapi masih mengejutkan melihat begitu banyak bangunan yang tampak seolah-olah telah dibom. Bangunan lain tampak sangat rapuh, seolah-olah mereka mungkin runtuh setiap saat. Namun, mereka jelas berpenghuni, dengan orang-orang masuk dan keluar dari pintu masuk dan yang lainnya tergantung mencuci dari balkon sepuluh atau lima belas tingkat tinggi. Embargo Amerika dan ekonomi yang gagal jelas memiliki dampak besar.

Setelah makan siang berhenti di sebuah restoran di luar ruangan di taman, kami berhenti di Jose Fuster Studio, rumah seorang seram yang telah mengubah area tempat tinggalnya. Seluruh jalan tampak seperti lukisan modern yang luar biasa dengan warna-warna cerah yang tertanam di setiap halaman. Tetapi ketika saya semakin dekat, saya bisa melihat desain yang dibuat dengan keramik yang hidup, masing-masing berbeda dari yang sebelumnya. Sang seniman telah memulai proyek ini dengan mengubah gerbangnya sendiri menjadi sebuah adegan rumit yang dibuat dengan keramik. Ketika tetangga melihat efeknya, mereka memintanya melakukan hal yang sama ke rumah mereka. Dia tidak pernah meminta uang, selalu mengumpulkan dana melalui sumbangan dan dengan menjual karyanya sendiri. Akhirnya, ia mengubah seluruh halamannya menjadi mahakarya keramik. Karena embargo Amerika telah membuat keramik dan hampir semuanya sulit diperoleh, ia terpaksa melakukan perjalanan jauh untuk menemukan ubin yang dibutuhkannya.

Setelah kami check in ke rumah sementara kami, Hotel Sevilla, dan beristirahat sebentar, kami bergabung dengan Annie dan sebagian besar sesama pelancong untuk berjalan-jalan melalui Plaza dan Calle Obispo – sebuah jalan pejalan kaki di Haban Vieja (Kota Tua). Perjalanan kami berakhir di sebuah hotel di mana Annie telah merencanakan agar kami makan malam di restoran atapnya. Namun, seperti halnya Kuba, lift tidak berfungsi. Seorang karyawan hotel mengundang kami untuk menggunakan lift layanan yang terletak di sekitar sudut. Ternyata itu kotak kecil gelap yang menahan lima orang termasuk operator lift. Kelompok kami naik secara bergiliran; Aku mendekat dengan mata terpejam dan jemariku menyeberang, yakin bahwa setiap benjolan berarti kami akan terjun ke tanah. Namun, pemandangan kota dari atas membuatnya sangat berharga. Makanan adalah cerita lain.

Setelah makan malam, empat dari kami berjalan enam kali penerbangan (syukurlah ada bannister) dan berjalan melewati alun-alun, mencari taksi. Akhirnya, kami menemukan enam di antaranya, semua mobil tahun 1950, ditambal dan digelindingkan untuk membawa kami kembali ke hotel. Kami digiring ke kursi belakang satu dan menikmati perjalanan infus bergelombang, berangin dan bensin kembali ke hotel. Ketika kami keluar, saya melihat bahwa banyak pelapis kuno yang disatukan oleh tape.

Hari ke-2.

Saat sarapan, saya mendengar banyak masalah dengan kamar. Salah satu kelompok kami telah memukul jackpot: jendelanya tidak bisa ditutup, pendingin ruangannya tidak berfungsi, dan pintu tidak terkunci. Teman seperjalananku, Pat, dan aku beruntung. Meskipun ruangan itu dasar (kami tidak mengharapkan apa-apa lagi), semuanya bekerja. Bahkan, AC terlalu dingin dan kami tidak bisa menolaknya tetapi kami tidak akan mengeluh. Hotel ini memiliki kolam renang indah yang kami menikmati hampir setiap sore; kecuali untuk hari terakhir ketika ditutup pada jam 5 sore untuk penyemprotan nyamuk!

Perhentian pertama kami adalah Kedutaan Besar Kuba untuk bertemu wanita yang menjadi anggota bab Kuba dari Perserikatan Bangsa-Bangsa. Gedung Kedutaan telah menjadi rumah salah satu keluarga kaya Kuba yang telah pergi selama Revolusi dan itu masih dalam kondisi yang baik. Soaya E. Alvarez, Direktur ACNU Associacion Cubana de las Naciones Unidas, berbicara kepada kami tentang Kuba dan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan pentingnya mengangkat embargo. Orang-orang Kuba sedang menderita; gaji adalah $ 15 hingga $ 20 per bulan; Lázarus (yang memiliki gelar master) meninggalkan pekerjaan sebagai pegawai pemerintah untuk menjadi pemandu karena dia dapat menghasilkan lebih banyak uang. Meskipun perawatan kesehatan gratis, gas dan beberapa makanan dijatah dan tidak banyak yang tersisa untuk kemewahan. Mimpi Kuba adalah datang ke AS; di 2015/16, 153.000 orang Kuba tiba di AS. Orang-orang pergi sekarang karena mereka takut Undang-Undang Penyesuaian Kuba, yang memungkinkan jalan menuju kewarganegaraan, akan dicabut. Dengan demikian, tenaga kerja Kuba telah berkurang dan populasinya menua.

Perhentian kami berikutnya adalah kunjungan ke El Quitrin, sebuah toko pakaian wanita yang disponsori oleh Federasi Wanita Kuba. Annie menyarankan agar kami membawa untaian dan jarum sebagai hadiah untuk para wanita yang bekerja di sini karena barang-barang ini, seperti barang lainnya, kurang tersedia. Pada saat kunjungan kami, sebagian besar gaun dan kemeja yang sudah jadi di toko itu adalah katun putih. Pekerjaan pada pakaian itu luar biasa tetapi saya tidak menemukan apa pun untuk membeli (untuk perubahan).

Kemudian di sore hari, kami mengunjungi sebuah sinagog konservatif dan mendengar tentang penduduk Yahudi di Kuba dari seorang wanita muda. Ada 1.200 orang Yahudi di Kuba dan tiga sinagoge; situasi yang khas untuk orang Yahudi di lokasi manapun. Tetapi di Kuba, mereka konservatif atau ortodoks; gerakan reformasi modern belum mencapai Kuba. Namun, saya senang mendengar bahwa gadis-gadis memiliki Bat Mitzvah.

Malam itu, kami bertiga naik taksi ke restoran untuk makan malam dan berkenalan dengan seorang pengemudi muda yang berbicara bahasa Inggris dengan sangat baik. Taksi itu baru, memiliki jok kulit dan dimurnikan saat melewati kota. Sopir kami memberi tahu kami bahwa itu dibuat di China dan dibeli oleh pemerintah Kuba. Dia menyewanya dari pemerintah dan membagikannya dengan sopir lain; masing-masing memiliki tiga hari dan tiga hari libur. Dia sudah menikah dan punya balita. Ketika kami bertanya kepadanya tentang kunjungan Presiden Obama, katanya, dengan emosi, "Obama adalah pahlawan kita."

Hari ke-3.

Annie telah mengatur kunjungan ke Kedutaan Besar AS yang baru dibuka. Saya terkejut dengan jumlah keamanan – paspor kami diperiksa dengan hati-hati dan tas kami diperiksa. Kami masuk melalui pintu putar dan duduk di kamar langsung dari pintu masuk. Seorang direktur kedutaan yang telah dikirim ke Kuba untuk mempersiapkan kunjungan Obama memberi kami gambaran situasi negara kami dan menjawab semua pertanyaan kami. Itu menyeluruh dan menarik. Dia mendorong kami untuk berinteraksi dengan Kuba untuk menghilangkan kesan negatif yang mungkin mereka miliki tentang orang Amerika.

Di ujung trotoar di depan pintu masuk Kedutaan Besar Amerika, ada lapangan sepak bola dari tiang-tiang hitam yang sangat tinggi yang terlihat seperti telah ditanam. Annie mengatakan kepada kami bahwa, tepat setelah Revolusi, Kedutaan Besar Amerika mulai menjalankan rekaman dengan pesan tentang kebebasan di sepanjang bagian atas gedung. Untuk membalas, pemerintah Kuba memasang tiang dan menabraknya dengan bendera Kuba untuk memblokir rekaman itu.

Perhentian kami berikutnya adalah Finca Vigia, rumah pemenang Hadiah Nobel Ernest Hemingway yang tinggal di Kuba dari 1930 hingga 1960. Saya dan Pat telah menonton film "Papa Hemingway di Kuba" hanya beberapa hari sebelum perjalanan kami sehingga sangat menarik untuk dilihat. di jendela dan pintu dan melihat di mana film itu difilmkan. Pilar perahu nelayannya telah dipulihkan dan dipajang di properti.

Kami makan siang di Cojimar, desa nelayan yang merupakan latar belakang novel Hemingway, "Si Tua dan Laut." Aku melihat ke arah air dan hampir bisa melihat lelaki tua itu mendayung perahu. Makan siang berada di sebuah restoran milik pribadi yang dikelola oleh pengusaha lokal muda dan itu lezat. Banyak restoran di Kuba dimiliki dan dioperasikan oleh pemerintah tetapi semakin banyak orang yang mendapatkan izin untuk membuka restoran mereka sendiri, pertanda yang sangat baik.

Hari ke 4

Sarapan di hotel sangat besar; lima meja besar diisi dengan segala sesuatu mulai dari buah hingga daging hingga pancake atau telur dan roti manis. Sekarang saya tahu bahwa makan siang kami akan sangat besar – setidaknya ada empat kursus – jadi saya menempel sereal, buah, dan yogurt (setidaknya saya pikir itu adalah yoghurt) untuk sarapan. Saya juga memutuskan bahwa saya tidak akan menimbang diri saya selama seminggu setelah saya pulang.

Kami berjalan melewati Old Havana dan mengunjungi Plaza. Ada puluhan kios yang menjual buku dan seniman jalanan di mana-mana, menampilkan karya mereka di papan dan kotak. Seorang pria muda mengikuti kelompok kami, menggambar profil singkat dari beberapa wanita dan kemudian mencoba menjual sketsa kepada pemiliknya. Dia luar biasa baik dan kami kemudian tahu dia adalah seorang mahasiswa seni. Seorang wanita membelikan sketsa; kemudian menemukan bahwa itu lebih mirip anggota lain dari grup kami. Kemudian kami mengunjungi koperasi perajin dan saya membeli lukisan kecil untuk dibawa pulang (pembelian pertama saya).

Pada sore hari kami mengunjungi Museum Seni Rupa – Koleksi Kuba dan saya sangat terpesona oleh seni yang saya terus bergerak bahkan ketika tubuh saya menyuruh saya untuk kembali ke hotel dan tidur siang. Tentu saja lift di sini juga jadi kami melakukan banyak berjalan.

Hari ke 5

Sehari di negara ini! Bus membawa kami melewati pedesaan selama lebih dari satu jam dan Lázaro membuat kami terjaga dengan pelajaran tentang sejarah Kuba. Sesekali, Annie mengambil alih mikrofon, memberi Lázaro istirahat dan kami beberapa latar belakang dari sudut pandang Amerika. Kami tiba di tempat pengamatan di Valle Vinales di Provinsi Pinar del Rio yang berada di barat Havana. Formasi bukit unik (dikenal sebagai mogotes) cantik; tidak seperti yang pernah saya lihat sebelumnya.

Kemudian kami pindah ke tempat penyulingan rum (tidak yakin itu namanya) dan kemudian pertanian tembakau. Kami menyaksikan seorang pria benar-benar menggulung cerutu yang hampir membuat saya ingin merokok. Tentu saja saya membeli beberapa untuk suami saya; dia merokok sesekali tetapi hanya ketika saya tidak di rumah.

Makan siang berada di teras restoran negara yang menawan. Annie memperingatkan kami bahwa akan ada banyak kursus dan ada; satu demi satu, masing-masing lebih baik dari yang terakhir. Makanan penutup adalah flan terbaik yang pernah saya makan.

Saya pikir saya tidak akan pernah makan lagi tetapi pada pukul 7:30, saya berada di restoran lain makan lasagna terung terbaik yang pernah saya miliki.

Hari ke 6

Saatnya mengepak koper kami untuk perjalanan kami kembali ke Miami malam itu. Tetapi sementara itu, kami masih bergerak. Kami mengunjungi pasar seni dan kerajinan lokal di mana saya mencari (dan menemukan) sebuah humidor untuk menaruh lima cerutu berharga saya. Saya juga membeli gaun katun putih buatan tangan yang indah untuk cucu perempuan saya yang mungkin tidak cocok tetapi saya tidak bisa menahannya. Selanjutnya, kelompok kami mengunjungi proyek komunitas seni di pusat kota Centro Habana. Seorang seniman bernama Salvador Gonzales Escolono pertama kali mulai mengembangkan seni dari grafiti sampai galeri dibuka dan itu menjadi jalan seni yang merayakan pengalaman Afrika / Kuba. Salvador, yang akan berangkat ke Washington dan New York pada hari berikutnya, ada di galerinya dan dia mengatakan kepada kami untuk "menikmati negaraku tetapi jangan mencoba memahaminya."

Makan siang berada di sebuah pertanian organik yang juga menyediakan makanan untuk orang-orang yang membutuhkan, lukisan dan kelas lingkungan ditambah kelas untuk ibu tunggal dan manula. Ketika pemerintah memberikan tanah kepada keluarga yang telah menghasilkan semua ini, itu adalah daerah rawa. Sekarang mereka menanam 150 varietas buah-buahan dan sayuran yang berbeda (ditambah seekor anjing kecil yang terus melangkahkan kaki). Makan siang membantu membayar makanan dan kelas gratis.

Pemberhentian selanjutnya: Bandara dan akhir petualangan kami di Kuba. Tapi pertama-tama, saya dan beberapa pelancong lainnya memeriksa semua toko bebas bea, mencoba menghabiskan sisa uang Kuba kami. Saya memilih dua botol rum vintage yang menurut suami saya rasanya seperti bourbon halus.

Pikiran terakhir:

Seorang kawan seperjalanan yang pernah ke Kuba sebelumnya kewalahan dengan jumlah taksi kuning dan bahkan bus bertingkat terbuka – semuanya buatan China. Orang Cina juga membangun pabrik mobil di Kuba. Dia memperhatikan banyak turis dari Spanyol, Prancis, dan bahkan beberapa dari Swiss. Saya berbicara dengan dua pria muda dari Jerman dan beberapa wanita Inggris yang naik lift hotel dengan saya. Juga, ada banyak restoran baru. Kuba, dia berkomentar, adalah melayani turis.

Internet masih sangat sulit untuk diakses oleh orang Kuba; itu mahal dan lambat. Pemerintah telah mulai membuka hotspot WiFi di luar beberapa bangunan di mana Anda akan melihat garis-garis orang muda duduk, berdiri, bersandar – semua dengan komputer di tangan mereka.

Perubahan sedang terjadi tetapi lambat. Meskipun negara ini masih di bawah pemerintahan Castro, saya terus mendengar orang-orang Kuba menggambarkan Raul sebagai "pragmatis" dibandingkan dengan saudaranya. Saya berasumsi ini berarti dia lebih terbuka untuk berubah dan menjadi kepemilikan pribadi yang kami alami selama kunjungan kami. Secara pribadi, saya percaya bahwa jika embargo dicabut dan Undang-undang Penyesuaian Kuba dicabut, orang Kuba akan dapat mengunjungi Amerika, belajar dari kita semua dan kemudian pulang ke rumah daripada mencari kewarganegaraan di negara ini. Dan distribusi produk-produk Amerika di Kuba akan menghentikan penjatahan dan meningkatkan kehidupan setiap orang Kuba. Feri akan melakukan perjalanan melintasi 90 mil sekali lagi dan orang-orang Kuba akan terangkat dari kemiskinan dan memasuki abad ke dua puluh satu. Aku tahu 'rumit' tapi sudah lewat waktu: